Pages

Kamis, 22 Maret 2012

Mahluk Pertama Yang Menghuni Bumi



Penemuan yang satu ini juga mencengangkan para  ilmuwan, bagaimana mungkin, karena  dengan penemuan ini mampu mengubah struktur sejarah tentang siapa yang pertama kali mendiami planet ini , seperti yang umum diketahui banyak orang, berdasarkan temuan mahluk yang hidup 600 juta tahun yang lalu.

Mahluk ini berupa multisel yang hidup 2,1 milyar tahun yang lalu dalam penemuan di daerah Franceville, Gabon. Penemuan ini terkuak hasil kerja keras dari Laboratorium Hydrologi, Argiles, Sols et Alterations Universitas de Poitiers yang dipimpin oleh El Abderrazak Albani.

Para ilmuwan memberikan gambaran bahwa kehidupan mahluk-mahluk ini terjadi dalam era Proterozoikum antara rentang waktu 3,5 milyar tahun - 6 juta tahun yang lalu. Meski masih sedikit informasi tentang situasi saat zaman itu, namun kalangan ilmuwan meyakini jika pada masa itu terjadi peningkatan tingkat konsentrasi oksigen di bumi dan mahluk multisel ini hidup pada lautan dangkal ( 20-30 meter).
Ketika terjadi peningkatan kadar oksigen di bumi, terjadilah badai, laut pasang dan bencana lainya yang justru menguntungkan pembentukan spesimen baru lainnya dalam bentuk dan ukuran yang lebih besar ( seperti bakteri, virus dan parasit) yang diperkirakan mereka merubah diri pada 0,6 milyar tahun yang lalu.

Untuk mengetahui fosil temuan itu, mereka menggunakan Microtomograph X-Ray , yaitu semacam alat yang sangat canggih, yang mampu memetakan fosil yang sudah tersedimentasi 2,1 milyar tahun lamanya.

Diketahui, bahwa mahluk hidup ini hidup berkoloni, dimana penemuan menunjukkan dalam daerah sekitar setengah meter persegi ditemukan mahluk-mahluk yang diduga penghuni pertama kalinya di bumi ini.
Sumber : Buku Sejarah Bumi 

Sejarah Peradaban Di Sungai Amazon


Pada tanggal 29 April 1925 Fawcett masih melakukan kontak dengan isterinya melalui telegrap, ia mengatakan akan memasuki sebuah kawasan peradaban tertutup di hutan Amazon, ia akan menyeberangi hulu sungai Xingu di tenggara anak sungai Amazon.
Dan sejak itu tidak ada kabar terdengar lagi dari mereka. Matto Grosso adalah nama region di sekitar sungai Xingu tempat dimana mereka menghilang.
Banyak yang mengira mereka  tewas dibunuh oleh suku Indian setempat, Suku Kalapalos satu dari tiga suku indian terakhir yang bertemu dengan mereka mengatakan bahwa mereka tampak seperti sedang sakit.
Tidak ada bukti yang menguatkan adanya pembunuhan oleh suku suku Indian yang mereka masuki wilayahnya. Sebab suku suku Indian di wilayah Matto Grosso cukup ramah, kecuali Suku Indian disebelah Timur.

Pada tahun 1927 sebuah plat nama milik Fawcett ditemukan pada salah satu suku Indian lainnya, tapi plat ini ternyata diberikan langsung oleh Fawcett kepada kepala suku pada ekspedisi 5 tahun sebelumnya.
Dan pada tahun 1933 bulan Juni, Kolonel Aniceto Botelho menemukan sebuah Kompas milik Fawcett di region Mato Grosso disekitar pemukiman Indian Suku Bacairy.
Dan hasil penyelidikan mengatakan bahwa perjalanan memasuki belantara Amazon dimulai setelah kompas itu tertinggal di pemukiman Bacairy. Bisa jadi ia mampir dipemukiman, mengutarakan maksudnya memasuki hutan dan dijamu oleh suku Bacairy dan kompas itu terlupa dibawanya.

PERTEMUAN DENGAN PENJELAJAH LAIN

Dalam sebuah buku yang saya baca (The Fate of Colonel Fawcett), ada dua penjelajah lain yang pernah bertemu Fawcett di pedalaman Amazon, Fawcett dikatakan hidup selama lima tahun bersama suku Indian.
Ia mengumpulkan bermacam macam batu bersama seorang yang lebih muda dan seorang lagi sedikit lebih tua. Tom Roch petualang pertama yang menemukan mereka pada tahun 1931 di region Matto Grosso.
Dan seorang lagi adalah Miguel Trucchi. Kepada Miguel, Fawcett mengatakan ia memiliki alasan khusus untuk tetap tinggal dan menetap bersama suku Indian pedalaman, namun lokasi mereka bertemu bukan di Matto Grosso tapi di Rio das Mortes.

Dan pada bulan Juli 1933, Seorang Administrator Apostolik di wilayah Matto Grosso yang bernama Monseigneur Couturon mengirimkan catatan perjalanannya ketika melalui Sungai Kuluene yang isinya menyebutkan bahwa mereka bertemu tiga orang yang sesuai ciri cirinya dengan tim Fawcett pada tahun 1932, dilaporan itu tertulis Fawcett tinggal dan menetap bersama Suku Indian Aruvudu . Jack Fawcett junior telah menikah dengan wanita Indian dan memiliki seorang anak laki laki.

Namun pada tahun 2005 kisah lain muncul, seorang penulis dari The New Yorker, David Grann mengunjungi suku indian Kalapalos dan mendapatkan cerita dari mulut ke mulut bahwa, Fawcett dan timnya menetap bersama mereka untuk sementara dan melanjutkan perjalanan ke arah timur.
Suku Kalapalos juga mengingatkan mereka agar tidak memasuki peradaban yang mereka cari diarah timur itu, sebab wilayah itu dijaga oleh suku indian yang suka menyerang.
Lima hari sepeninggalan Fawcett ke arah timur, terlihat bumbungan asap meninggi dari perkemahan mereka. Semua itu disaksikan oleh suku Kalapalos. Kisah lengkap pencarian jejak Fawcett di tulis pada buku The Lost City of Z.

PERADABAN KUHIKUGU DAN THE LOST CITY OF Z

Baiklah, pencarian kita mulai. Kuhiguku adalah sebuah situs peninggalan masa lalu dari sebuah peradaban Indian di hutan hujan Amazon, berlokasi di tenggara hulu sungai Xingu, Brazil. Apa yang unik dengan situs ini adalah, hampir semua yang di tuliskan oleh penjelajah Portugis pada Manuskrip 512 mirip dengan situs ini.

Manuskrip 512 menceritakan adanya gerbang besar menuju kota yang dikelilingi rumah-rumah besar dan ada kuil di dalamnya, kota misterius tanpa penghuni yang memiliki plasa megah, kolam-kolam air mancur dan jalan-jalan yang luas.
Siapa pun pasti akan terkagum kagum jika melihat bentuk suatu kota megah yang belum pernah dilihat sama sekali.
Nah bagaimana dengan situs Kuhiguku? Situs ditemukan pertama kali oleh Michael Heckenberger bersama suku lokal Kuikuro yang merupakan keturunan dari suku Kuhikugu.
Situs ini berlokasi di hulu sungai Xingu, memiliki dua puluh delapan kota dan desa-desa di area seluas 7.700 km persegi yang mampu menampung 50.000 orang penduduk. Peradaban yang diperkirakan ada sejak 1.500 tahun lalu dihuni kembali sekitar 400 tahun lalu.
Banyak parit-parit pagar pertahanan yang besar dibangun disekitar pemukiman, memiliki beberapa plasa melingkar seluas 150 m di beberapa kota. Kota-kota dan pemukiman Kuhikugu ini dihubungkan oleh jalan-jalan yang lebar, sungai-sungai yang diatur disisi jalan raya dengan jembatan-jembatan penyeberangan yang bisa dilintasi oleh sampan-sampan kano di bawahnya.
Masyarakatnya hidup dengan bercocok tanam, mereka juga membangun bendungan dan kolam-kolam ikan. Dan tradisi berternak ikan ini masih diteruskan oleh Suku Kuikuro yang mewarisi tradisi suku pendahulu mereka, peradaban Kuhikugu.

Peradaban ini mulai ditinggalkan penduduknya pada awal abad ke 16, ketika itu penjelajah Eropa datang dan menetap di pemukiman mereka dengan membawa wabah.
Hampir dua pertiga penduduknya mati akibat wabah ini, dan kota pun ditelan oleh rimbunnya hutan belantara Amazon, hingga ditemukan kembali oleh penjelajah Portugis pada tahun 1743 dan diberi nama City of Z oleh Percy Harrison Fawcett.
Nah apakah kalian bisa membandingkan gambaran tentang kota misterius dari Manuskrip 512 dengan Peradaban Kuhikugu dilokasi yang sama? Hulu sungai Xingu adalah region Matto Grosso, memiliki banyak kesamaan dengan kota yang ditemui penjelajah Portugis pada 1743.
Posisi Google Earth: 11.232 S 53.185 W
Situs Kuhikugu saat ini menjadi bagian dari Taman Nasional Xingu (Xingu Indigenous Park) seluas 26,420 Kilometer persegi di Hutan hujan Amazon, Brazil. Presiden Brazil saat itu, Janio Quadros menandatangani peresmian Taman Nasional Xingu pada 14 April 1961.
Sumber: Ensiklopedia 

Sejarah MIE



Barang kali kita pantas berterima kasih kepada 
Mamofuku Ando, orang Jepang kelahiran Taiwan 1911. berkat kerja keras dan jerih payahnya kita sekarang bisa menikmati kelezatan mie instan. Makanan cepat saji dengan berjibun penggemar, yang masuk ke Indonesia pada pertengahan tahun 1960-an.

Begini ceritanya…

Ditinggal orang tuanya, Ando yang berumur 3 tahun harus membantu neneknya mengurus rumah. Balita ingusan itupun mesti menjaga toko. Belum lagi harus mencuci pakaian dan mamasak. Hasilnya positif, ia jadi pintar masak-memasak, sebaliknya sekolahnya terlantar.

Menjadi pedagang adalah angan2nya. Harta peninggalan ortunya pun digunakan untuk berdagang pakaian rajutan di Taiwan dan Osaka, jepang. Usahanya terbilang maju. Ia pun bisa kembali ke bangku sekolah menyelesaikan pendidikan yang sempat terbengkalai.

Namun kemudian ia dituduh korupsi dalam perdagangan senjata dan onderdil pesawat. Ia lantas dijebloskan ke bui. Setelah 2 tahun hidup di Hotel Prodeo, ia pun dibebaskan. Pada 1956, satu-satunya harta yang tertinggal adalah rumah.

Masa itu Amerika Serikat sedang gencar2nya menyumbangkan gandum ke Jepang yang sedang paceklik pangan. Harga terigu menjadi murah. Pemerintah Jepang pun menganjurkan rakyatnya mengonsumsi roti dan terigu sebagai pengganti nasi.

Melihat banyak orang melahap mie, di dekat toserba hankyu di Osaka, pikiran Ando terbuka. Mengapa tidak membuat mie dari terigu? Bukankah orang Jepang sangat menyukai mie.

Apalagi mie dirasa enak, murah, tahan lama, dan tidak sulit mengolahnya.

Ide liar itu terus bergulir di benaknya. Cuma ia tidak mau membikin mie biasa yang sudah banyak beredar di pasaran. Ia ingin membuat mie bentuk lain yang enak, lebih cepat dan mudah diolah, serta gampang didapat dimana-mana.

Ando mulai mewujudkan impiannya dengan membeli mesin pembuat mie dan bereksperimen membuat mie instant di emper belekang rumahnya. Mula2 mie digoreng agar lebih awet, gurih, dan cepat diolah. Lalu menimbang2 rasa yang pas untuk kuah itu. Dipilihnya kuah ayam karena yang netral. Ando membawa contoh mie instannya ke sebuah toko serba ada. Ternyata semuanya ludes hari itu juga. Waktu itu tahun 1958.

Emper rumahnya tak kuasa menampung pesanan. Ia memindahkan usahanya ke sebuah gudang kosong di Osaka. Di sana Ando membuat mie instant dibantu keluarganya. Sejak itu perusahaan2 besar berebut ingin menjadi penyalur mie instannya. Desember 1958 ando menamai perusahaannya Nissin Foods. Beberapa bulan kemudian ia pindah ke sebuah pabrik seluas 20000m2. tahun 1960 ia membuka pabrik kedua, dan tahun berikutnya lahir pabrik baru lagi.

Meski mie instant laris manis, Ia tak bosan2 bereksperimen untuk terus memperbaiki mutu. Bahkan ada keinginan memperkenalkan dan mejualnya ke luar negeri. Untuk menjajaki kemungkinan itu, ia pergi berkeliling Eropa dan Amerika tahun 1966. di sana ia melihat orang makan mie dengan garpu, tanpa kuah dan memakai piring, meyeruput mie dianggap tidak span.

Ia juga mengamati ada kaldu yang bisa dilarutkan dengan air panas tanpa harus dimasak. Ada gelas kertas sekali pakai dan kertas almunium sebagai wadah kedap udara. Ando pun mendapat ilham membuat mie instant dalam wadah berbagan stereofoam, yang lantas ditutup rapat dengan lembaran aluminium. Mie gelas itu tidak perlu dimasak, cukup diseduh. Supaya tidak hancur terkocok2, mie dibuat lebih tebal. Disediakan pula garpu untuk memakannya.

Di puncak keberhasilannya ando yang pada tahun 1988 genap berumur 77 tahun, membuka Foodeum di Shinjuku, Tokyo. Gedung itu disebut pula ISTANA MIEkarena mempunyai beberapa restoran mie, tempat disko, dan museum mie 

Sumber :tugas sekolah saya sendiri

Sabtu, 17 Maret 2012

Free to sign up! Start earning instantly!!

Free to sign up! Start earning instantly!!
Link di atas merupakan link yang dapat digunakan untuk mendapatkan $ :D
saya juga kurang tau bener apa gak tapi kan gak ada salahnya nyobak....
eit saya dapat linknya dari kakak yang sudah pernah nyobak dan berhasil katanya... so jika mau ikutan nyobak klik aja linknya "create account" login jadi deh,,,, :D

WordLinx - Earn from TEN levels of FREE referrals!

Sabtu, 10 Maret 2012

Angiospermae


 
Angiospermae
Angiospermae merupakan golongan tumbuhan yang memiliki tingkat perkembangan lebih tinggi dibandingkan golongan tumbuhan lain.
Ciri dan struktur angiospermae
·         Memiliki bakal biji yang tidak tampak karena terbungkus dalam suatu badan yang berasal dari daun buah. Badan itu disebut bakal buah (ovary)
·         Alat reproduksi angiospermae adalah bunga sesungguhnya dengan bermacam-macam bentuk dan susunan, kebanyakan bunga bersifat hemafrodit karena memiliki alat kelamin jantan dan betina.
·         Daun angiospermae kebanyakan pipih dan lebar. Ada berupa daun tunggal da nada juga berupa daun majemuk.
·         Batang dan akar angiospermae ada yang memiliki cambium dan ada yang tidak memiliki cambium. Sedangkan akarnya dapat berupa akar tunggang atau serabut.
·         Jenis angiospermae sangat bervariasi. Ada yang hidup sebagai semak, perdu, atau berupa pohon besar. Selain itu beberapa jenis angiospermae tumbuh kecil, hidup merayap dipermukaan tanah.
 
Daur Hidup Angiospermae
Gametofit betina terbentuk dari hasil pembelahan inti kandung lembaga primer di dalam bakal biji. Inti kandung lembaga primer membelah tiga kali berturut-turut sehingga terbentuklah 8 inti antara lain:
a.      Tiga inti daerah mikropil.
b.      Tiga inti daerah kalaza.
c.       Dua inti bergerak di bagian tengah kandung lembaga yang kemudian melebur membentuk inti kandung lembaga sekunder.
Gametofit jantan dibentuk di dalam kantong sari. Di dalam kantong sari, mikrospora mengalami pebelahan inti menjadi inti vegetative, inti generative, dan sel anteridium.  Pada angiospermae proses pembentukan lembaga atau embrio dapat terjadi melalui proses pembuahan dan tanpa proses pembuahan.
 
 
Pembentukan lembaga melalui proses pembuahan.
Selisih waktu antara penyerbukan dan pembuahan relative pendek. Pada saat serbuk sari jatuh di kepala putik segera terbentuk buluh serbuk sari. Biasanya pada ujung buluh serbuk sari terdapat inti vegetative, yang bertindak sebagai penunjuk jalan bagi inti generative menuju bakal biji. Sel generative membelah menjadi 2 sel sperma.
Selanjutnya buluh serbuk sari terus tumbuh memanjang menembus jaringan putik hingga mencapai bakal biji. Dalam buluh tersebut, kedua inti sperma bergerak mengikuti inti vegetative untuk melangsngkan proses pembuahan.
Sesampai di dalam bakal biji, inti sperma I (n) membuahi sel telur (n) sehingga terbentuk zigot (2n) dan inti sperma II (n) membuahi inti kandung lembaga sekunder membentuk endosperma (3n).  karena pembuahan tersebut terjadi sebanyak dua kali maka disebut pembuahan ganda.
Berdasarkan cara buluh serbuk mencapai kandung lembaga di dalam bakal biji maka pembuahan dibedakan menjadi 2 jenis yaitu:
·         Porogami: terjadi apabila buluh serbuk sari masuk melalui mikropil
·         Aporogami: terjadi apabila buluh serbuk sari masuk tidak melalui mikropil.
 
Pembentukan lembaga tanpa proses pembuahan.
Pembentukan lembaga tanpa proses pembuahan disebut apomiksis. Berikut ini beberapa tipe apomiksis antara lain:
1.      Partenogenesis: terbentuknya lembaga dari sel telur yang tidak dibuahi.
2.      Apogami: terbentuknya lembaga dari bagian-bagian lain di dalam kandung lembaga.
3.      Embrio Adventif: terbentuknya lembaga dari salah satu sel sporofit.
Setelah terjadi pembentukan lembaga di dalam biji baik melalui proses pembuahan atau tidak sebuah generasi baru siap tumbuh di tempat yang sesuai. Selanjutnya akan berkecambah dan tumbuh menjadi tumbuhan dewasa.
 
 
 
 
Klasifikasi angiospermae
Berdasarkan jumlah daun kotiledon yang dimilikinya, angiospermae dapat dibedakan menjadi 2 kelas yaitu:
a.      Kelas Monocotyledonae: memiliki biji dengan lembaga yang hanya memiliki satu daun lembaga.
b.      Kelas Dicotyledonae: memiliki biji dengan lembaga yang memiliki dua daun lembaga.
Perbedaan antara tumbuhan dikotil dan monokotil dapat dilihat pada buku paket biologi halamn 58, pada tabel 7.2.
 
Manfaat   angiospermae
Beberapa manfaat angiospermae dalam kehidupan manusia antara lain:
a.      Bahan pangan sumber karbohidrat, contohnya Oryza sativa.
b.      Bahan pangan sumber protein, contohnya Phaseolus radiates.
c.       Bahan pangan sumber lemak, contohnya Cocos nucifera.
d.      Bahan pangan (sayuran) sumber vitamin dan mineral, Solanum lycopersicum.
e.      Bahan pangan (buah-buahan) sumber vitamin dan mineral, contohnya, Carica papaja.
f.        Bahan sandang, contohnya Gossipium sp.
g.      Bahan pemberi rasa nikmat pada makanan, minuman atau lainnya. Contohnya, Coffea sp.
h.      Bahan obat-obatan, contohya, Cinchona succirubra.
i.        Bahan bangunan, contohnya, Tectona grandis.
 
 
 
 
Contoh angiospermae
      Tumbuhan dikotil
1.      Divisi        : Spermatophyta
      Subdivisi    : Angiospermae.
      Klas           : Dicotyledonae
     Subklas      : Monochlamydeae.
     Ordo          : Piperales.
     Family       : Piperaceae.
     Genus        : Piper
     Species      : Piper nigrum (lada)
 
2.      Divisi         : Spermatophyta
      Subdivisi    : Angiospermae.
      Klas           : Dicotyledonae
     Subklas      : Monochlamydeae.
     Ordo          : Euphorbiales
     Family       : Euphobiaceae.
     Species      : Manihot utilissima (ketela pohon), dan Euphorbia pulchaenrima (kayu merah),   dan Hevea brasilliensin (para)
 
Tumbuhan Monokotil.
1.      Divisi          : Spermatophyta
      Subdivisi      : Angiospermae.
       Klas            : Monocotyledonae
       Ordo           : Liliales
       Family        : Amarullidaceane.
       Spesies       : Crinum asiaticum (bakung) dan Polianthes tuberosa (sedap malam)
 
2.      Divisi        : Spermatophyta
      Subdivisi   : Angiospermae.
      Klas          : Monocotyledonae
      Ordo         : Bromeliales (Ferinosae)
      Family       : Bromeliaceae.
      Spesies      : Ananas comosus (nanas)

Jumat, 09 Maret 2012

Cara Membuat Scroll Pada Archive Blog


Membuat Scroll Pada Archive Blog memang ini merupakan tips dan trik blogspot lama alias jadul. Tapi gak ada salahnya kalau saya sampaikan disini kembali mengingat banyak teman-teman yang saat ini belajar ngeblog dengan blogspot dan tertarik untuk Membuat Scroll Pada Archive Blog mereka. Jangan tanya bagaimana di wordpress.com karena judulnya Cara Mudah Membuat Scroll Pada Archive Blogspot, ya ini untuk blogspot :mrgreen:
Oke langsung saja ya, soalnya saya juga g hobi ngoceh panjang-panjang, lagian masih banyak kerjaan :D . Ingat Cara Mudah Membuat Scroll Pada Archive Blogspot ini hanya untuk pengguna blogspot, dan baca baik-baik caranya berikut ini
Untuk lebih  jelasnya langsung saja langkahnya seperti ini :
  1. Masuk dulu ke Acount Blogger atau Dashboard
  2. Pilih Layout , lalu klik Edit HTML
  3. Centang dulu  Expand Widget Templates
  4. Cari kode yang seperti ini : <div id=’ArchiveList’>  atau kata Archive.
  5. Untuk memudahkan mencarinya , pakai saja Ctrl +F , terus ketik kata yang dicari dikotak yang disediakan, lalu klik next. 
  6. Kalau sudah,  tambahkan kode warna ungu itu sebagai scrollnya
  7. Lengkapnya kode tersebut seperti dibawah ini :
<h2><data:title/></h2></b:if>
<div class='widget-content'> 
<div style='overflow:auto; width:ancho; height:200px;'>
<div id='ArchiveList'>
<div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'>
<b:if cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;'> <b:include data='data' name='interval'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;FLAT&quot;'>
<b:include data='data' name='flat'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;MENU&quot;'>
<b:include data='data' name='menu'/>
</b:if>
</div></div>
</div>
<b:include name='quickedit'/>
</div> </b:includable>
Sampai disini, masih ada yang bingung dan ingin ditanyakan ? sebagai catatan saja angka 200 tersebut merupakan ukuran dari tinggi kotak scroll itu, kalian bisa merubahnya sendiri sesuai dengan selera masing-masing dan silahkan disesuaikan.
Mudah bukan ?

Osdoscrick Virus Dosman


Salam sahabat semua,,, Kali ini saya punya foto-foto osdoscrick X5 virusss,,,, Oh iya sebelumnya osdoscrick adalah kompetisi cricket antar kelas di SMA Negeri 1 Gianyar. Pada kompetisi ini selain mencari juara, kompetisi ini diadakan untuk memilih bakat-bakat muda di bidang cricket yang nantinya akan diseleksi untuk bermain di Porseni... Ok gan berikut ini  foto-foto osdoscrick X5... Maaf sebelumnya karena foto-fotonya sedikit jadi segini yang baru dapat saya upload... XD

Bowling Kirana

Kafe Blue Eyes X5 (klub X5 yang paling kuat)
Selebrasi Six run
All Star cowok X5 VS All Star Cowok X8

Kafe seven-seven X5
Kelima kafe X5
Nyari Run
Run

All of X5
Kafe Romeo X5
Sehabis Bertanding Dan Dapt Piala
Pemain BE (kafe Blue Eyes)

All star putra X5
Kafe Remang X5

Kafe Ayu X5

Cerita Rakyat Jawa Barat


Cerita Rakyat Jawa Barat
Asal Mula Kota Cianjur Konon, di suatu daerah di Jawa Barat, sekitar daerah Cianjur, hiduplah seorang lelaki yang kaya raya. Kekayaannya meliputi seluruh sawah dan ladang yang ada di desanya. Penduduk hanya menjadi buruh tani yang menggarap sawah dan ladang lelaki kaya tersebut. Sayang, dengan kekayaannya, lelaki tersebut menjadi orang yang sangat susah menolong, tidak mau memberi barang sedikitpun, sehingga warga sekelilingnya memanggilnya dengan sebutan Pak Kikir. Sedemikian kikirnya, bahkan terhadap anak lelakinya sekalipun. Di luar sepengetahuan ayahnya, anak Pak Kikir yang berperangai baik hati sering menolong orang yang membutuhkan pertolongannya. Salah satu kebiasaan di daerah tersebut adalah mengadakan pesta syukuran, dengan harapan bahwa panen di musim berikutnya akan menjadi lebih baik dari panen sebelumnya.
Karena ketakutan semata, Pak Kikir mengadakan pesta dengan mengundang para tetangganya. Tetangga Pak Kikir yang diundang berharap akan mendapat jamuan makan dan minum yang menyenangkan. Akan tetapi mereka hanya bisa mengelus dada manakala jamuan yang disediakan Pak Kikir hanya ala kadarnya saja, dengan jumlah yang tidak mencukupi sehingga banyak undangan yang tidak dapat menikmati jamuan. Diantara mereka ada yang mengeluh,”Mengundang tamu datang ke pesta, tapi jamuannya tidak mencukupi! sungguh kikir orang itu”. Bahkan ada yang mendoakan yang tidak baik kepada Pak Kikir karena kekikirannya tersebut. Di tengah-tengah pesta, datanglah seorang nenek tua renta, yang langsung meminta sedekah kepada Pak Kikir. “Tuan, berilah saya sedekah dari harta tuan yang berlimpah ini”, kata sang nenek dengan terbata-bata. Bukannya memberi, Pak Kikir malah menghardik nenek tersebut dengan ucapan yang menyakitkan hati, bahkan mengusirnya. Dengan menahan sakit hati yang sangat mendalam, nenek tersebut akhirnya meninggalkan tempat pesta yang diadakan Pak Kikir. Sementara itu, karena tidak tega menyaksikan kelakuan ayahnya, anak Pak Kikir mengambil makanan dan membungkusnya. Kemudian dengan sembunyi-sembunyi dia mengikuti si nenek tersebut hingga di ujung desa. Makanan tersebut diserahkannya kepada sang nenek. Mendapatkan makanan yang sedemikian diharapkannya, sang nenekpun memakannya dengan lahap. Selesai makan, dia mengucapkan terima kasih dan mendoakan anak Pak Kikir agar menjadi orang yang hidup dengan kemuliaan. Kemudian dia melanjutkan perjalanannya hingga tibalah di salahsatu bukit yang dekat dengan desa tersebut. Dari atas bukit, dia menyaksikan satu-satunya rumah yang paling besar dan megah adalah rumah Pak Kikir.
Mengingat apa yang dialaminya sebelumnya, maka kemarahan sang nenek kembali muncul, sekali lagi dia mengucapkan doa agar Pak Kikir yang serakah dan kikir itu mendapat balasan yang setimpal. Kemudian dia menancapkan tongkat yang sejak tadi dibawanya, ke tanah tempat dia berdiri, kemudian dicabutnya lagi tongkat tersebut. Aneh bin ajaib, dari tempat ditancapkannya tongkat tersbut kemudian mencarlah air yang semakin lama semakin besar dan banyak, dan mengalir tepat ke arah desa Pak Kikir. Menyaksikan datangnya air yang seperti air bah, beberapa warga desa yang kebetulan berada dekat dengan bukitpun berteriak saling bersahutan mengingatkan warga desa, “banjir!!!” Penduduk desa kemudian menjadi panik, dan saling berserabutan ke sana ke mari. Ada yang segera mengambil harta yang dimilikinya, ada yang segera mencari dan mengajak sanak keluarganya untuk mengamankan diri. Melihat kepanikan tersebut, anak Pak Kikir segera menganjurkan para penduduk untuk segera meninggalkan rumah mereka. “Cepat tinggalkan desa ini, larilah ke atas bukit yang aman” katanya memerintahkan. Dia menyuruh warga untuk meninggalkan segala harta sawah dan ternak mereka untuk lebih mengutamakan keselamatan jiwa masing-masing. Sementara itu, Pak Kikir yang sangat menyayangi hartanya tidak mau begitu saja pergi ke bukit sebagaimana anjuran anaknya. Dia berpikir bahwa apa yang dimilikinya bisa menyelematkannya. Dia tidak mau diajak pergi, walau air semakin naik dan menenggelamkan segala apa yang ada di desa tersebut. Ajakan anaknya untuk segera pergi dibalas dengan bentakan dan makian yang sungguh tidak enak didengar. Akhirnya anak Pak Kikir meninggalkan ayahnya yang sudah tidak bisa dibujuk lagi. Warga yang selamat sungguh bersedih meliaht desanya yang hilang bak ditelan air banjir. Tetapi mereka bersyukur karena masih selamat. Kemudian bersama-sama mereka mencari tempat tinggal baru yang aman.
Atas jasa-jasanya, anak Pak Kikir pun diangkat menjadi pemimpin mereka yang baru. Dengan dipimpin pemimpin barunya, warga bersepakat untuk membagi tanah di daerah baru tersebut untuk digarap masing-masing. Anak Pak Kikirpun mengajarkan mereka menanam padi dan bagaimana caranya menggarap sawah yang kemudian dijadikan sawah tersebut. Warga selalu menuruti anjuran pemimpin mereka, sehingga daerah ini kemudian dinamakan Desa Anjuran. Desa yang kemudian berkembang menjadi kota kecil inipun kemudian dikenal sebagai Kota Cianjur.

Minggu, 04 Maret 2012

Gale-galean (gobak sodor)




KATA PENGANTAR

Om Swastiastu

Puji syukur penulis panjatkan kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa atas anugerahnya sehingga dalam kesempatan kali ini, kami dapat menyelesaikan tugas olahraga yang berupa makalah yang membahas tentang permainan tradisional yaitu “Gale Galean
kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dan membantu dalam penulisan karya ilmiah ini.
Kami meminta maaf yang sebesar besarnya jika ada kesalahan kata baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Kami menyadari adanya keterbatasan pengetahuan dan pengalaman. Kami mengucapkan terima kasih atas kritikan dan saran yang membangun.


Om Santih, Santih,  Santih Om






                                                                           




BAB I
PENDAHULUAN


1.1   Latar belakang
Kemajuan di bidang teknologi memberikan kemudahan bagi seseorang dalam menjalankan rutinitas. Namun disisi lain, kemajuan teknologi juga berdampak buruk bagi perkembangan anak. Hal ini tak lain karena terlupakannya nilai-nilai leluhur.
Contoh nyata adalah terlupakannya permainan tradisional. Tak sedikit generasi muda yang melupakan permainan tradisional semisal gobak sodor atau yg akrab disebut dengan sebutan “gale-galean” di daerah Gianyar khususnya di desa Keramas. Berangkat dari alasan ini, sejumlah LSM yang konsis terhadap masalah anak menggelar satu acara untuk lebih mendekatkan permainan tradisional dengan anak-anak.
Mengharapkan mereka mau kembali mengenal permainan tradisional tersebut memang sulit, karena disamping teknologi yang tinggi dan tidak sederhana, permainan ini terkesan kuno. Namun sebenarnya banyak nilai-nilai yang dapat dipelajari dari setiap permainan tradisional itu. Kemampuan motorik, pengembangan otak kanan, juga mengembangkan kemampuan bersosialisasi anak, baik dalam bekerjasama maupun dalam memecahkan persoalan, melalui permainan tersebut. Khususnya di kota-kota besar, kini anak-anak banyak terkungkung dalam permainan yang berbeda.



1.2     Rumusan Masalah
     Dari latar belakang diatas kami mengajukan beberapa rumusan masalah, antara lain.
1.2.1     Apa saja faktor – faktor  yang menyebabkan hilangnya permainan anak tradisional?
1.2.2      Apa saja jenis – jenis permainan tradisional?
1.2.3     Bagaimanakah cara memainkan permainan Gobak Sodor (Gale – Galean) ?


2.1        Tujuan Pembuatan Makalah
            Tujuan kami membuat makalah ini adalah untuk sebagai berikut.
1.3.1 Menyelesaikan tugas yang diberikan oleh Bapak Erawan.
1.3.2 Memperkenalkan kepada teman – teman sesama pelajar tentang permainan tradisional Bali, khususnya Gobak Sodor (Gale – Galean).
1.3.3 Ikut melestarikan permainan tradisional Bali.

2.1        Manfaat Pembuatan Makalah
                Manfaat yang kami harapkan dalam pembuatan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.4.1 Agar teman – teman sesama pelajar mengetahui tentang permainan tradisional Bali, khususnya Gobak Sodor (Gale – Galean).
1.4.2 Agar permainan tradional Bali tetap lestari.
1.4.3 Agar kami dapat menyelesaikan tugas dari Bapak Erawan.

















BAB II
PEMBAHASAN


2.1 Faktor – Faktor yang Menyebabkan Hilangnya Permainan Tradisional
Di era globalisasi ini, banyak bermunculan permainan alat – alat elektronik yang menggunakan teknologi yang sangat canggih, sehingga membuat para generasi muda tertarik untuk memainkannya dan lupa akan permainan tradisional yang ada di daerah tempat tinggal mereka.
Ada beberapa faktor penyebab hilangnya permainan anak tradisional. Beberapa factor tersebut adalah sebagai berikut.
a)      Sarana dan tempat bermain tidak ada,
b)      Adanya penyempitan waktu, terlebih lagi semakin kompleknya tuntutan zaman terhadap anak yang semakin membebani,
c)      Permainan tradisional terdesak oleh permainan modern dari luar negeri dimana tidak memakan tempat, tak terkendala waktu baik itu siang hari, pagi, sore ataupun malam bisa dilakukan, serta tidak perlu menunggu orang lain untuk bermain,
d)     Terputusnya pewarisan budaya yang dilakukan oleh generasi sebelumnya dimana mereka tidak sempat mencatat, mendata, dan mensosialisasikan sebagai produk budaya masyarakatnya kepada generasi di bawahnya. Budaya instan yang sudah merasuk pada setiap anggota masyarakat sekarang juga memberikan sumbangan hilangnya permainan tradisional. Kita selalu terlena oleh budaya cepat saji, yang penting sudah tersedia dan siap “dimakan “ tanpa harus melalui proses.

2.2. Jenis – Jenis Permainan Tradisional
Indonesia merupakan Negara kepulauan yang memiliki keaneka ragaman budaya dan tradisi. Begitu pula dengan keaneka ragaman permainan – permainan tradisional yang telah ada sejak jaman nenek moyang.
Di setiap daerah memiliki permainan tradisional yang berbeda – beda antara satu wilayah dengan wilayah lainnya yang disebabkan oleh perbedaan kultur dan kondisi wilayah serta lingkungan di masing – masing daerah. Walaupun terdapat jenis permainan yang sama antara satu wilayah dengan wilayah yang lain, pastinya nama permainan itu berbeda.
Gale-galean / Gobak Sodor

            Terdapat berbagai macam permainan tradisional yang berkembang di daerah Bali. Salah satu permainan tradisional yang cukup popular dikalangan anak-anak adalah permainan Gobak Sodor atau yang akrab disebut permainan Gale – galean.
Gale – galean adalah sejenis permainan daerah dari Bali di Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan  kapur.
Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan.
Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus  sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.


2.3.   Cara memainkan permainan Gale – Galean (Gobak sodor)

Terdapat berbagai macam permainan tradisional yang berkembang di daerah Bali. Salah satu permainan tradisional yang cukup popular dikalangan anak-anak adalah permainan Gobak Sodor atau yang akrab disebut permainan Gale – galean.
Gale – galean adalah sejenis permainan daerah dari Bali di Indonesia. Permainan ini adalah sebuah permainan grup yang terdiri dari dua grup, di mana masing-masing tim terdiri dari 3 - 5 orang. Inti permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa lolos melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik, dan untuk meraih kemenangan seluruh anggota grup harus secara lengkap melakukan proses bolak-balik dalam area lapangan yang telah ditentukan.
Permainan ini biasanya dimainkan di lapangan dengan acuan garis-garis yang ada atau bisa juga dengan menggunakan lapangan segiempat yang dibagi menjadi 6 bagian. Garis batas dari setiap bagian biasanya diberi tanda dengan  kapur.
Anggota grup yang mendapat giliran untuk menjaga lapangan ini terbagi dua, yaitu anggota grup yang menjaga garis batas horisontal dan garis batas vertikal. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas horisontal, maka mereka akan berusaha untuk menghalangi lawan mereka yang juga berusaha untuk melewati garis batas yang sudah ditentukan sebagai garis batas bebas. Bagi anggota grup yang mendapatkan tugas untuk menjaga garis batas vertikal (umumnya hanya satu orang), maka orang ini mempunyai akses untuk keseluruhan garis batas vertikal yang terletak di tengah lapangan.
Permainan ini sangat mengasyikkan sekaligus  sangat sulit karena setiap orang harus selalu berjaga dan berlari secepat mungkin jika diperlukan untuk meraih kemenangan.
Berikut ini peraturan – peraturan yang berlaku dalam permainan Gale – Galean (Gobak Sodor) adalah sebagai berikut.
a.       Pemain terbagi menjadi 2 kelompok yang terdiri dari 3 – 5 orang.
b.      Jika 1 kelompok terdiri dsari 4 orang maka lapangan dibagi menjadi 4 kotak persegi panjang, yang berukuran 5m x 3m.
c.       Tim penjaga bertugas menjaga agar tim lawan tidak bisa menuju garis finish
d.      Tim lawan berusaha menuju garis finish dengan sayarat tidak tersentuh tim penjaga.
e.       Tim lawan dikatakan menang apabila berhasil balik menuju garis start dengan selamat (tidak tersentuh tim lawan).
f.       Salah satu tim bisa dikatakan menang apabila bisa kembali ke garis start dengan selamat untuk tim lawan dan untuk tim penjaga di katakan menang apa bila bisa menyentuh salah satu anggota tim lawan.


Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger